Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi di kuartal ked..." /> BI: Pertumbuhan Ekonomi RI Masih Lambat - Training Risk Management Perbankan

News

Published on July 31st, 2015 | by versha yunita

0

BI: Pertumbuhan Ekonomi RI Masih Lambat

Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua tahun ini masih melambat, angkanya tidak akan lebih tinggi dari kuartal pertama sebesar 4,7%. Perlambatan ini karena penyerapan anggaran pemerintah di kuartal kedua belum maksimal.

“Gambaran ekonomi kuartal kedua belum menunjukkan kondisi berbeda dengan kuartal pertama. Kuartal kedua seperti kuartal pertama, itu belum menunjukkan perbaikan, kurang lebih sama dengan kuartal pertama,” ujar Gubernur BI Agus Martowardojo saat ditemui di Hotel Novotel, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis malam (30/7/2015).

Dia melihat, penyerapan anggaran baru akan terserap maksimal di akhir semester kedua tahun ini. Untuk itu, pertumbuhan ekonomi akan terdorong maksimal di akhir tahun.

Dengan itu, BI optimis angka pertumbuhan ekonomi di tahun ini bisa mencapai 5-5,4% dan bisa lebih tinggi di tahun 2016 yaitu 5-5,6%.

“Kita harapkan di semester kedua realisasi penyerapan anggaran bisa lebih tinggi, investasi dan spending lebih baik. Semester kedua lebih baik utamanya belanja pemerintah pusat dan daerah, pertumbuhan ekonomi kita harapkan 5-5,4%,” terang dia.

Agus menyebutkan, realisasi penyerapan anggaran yang maksimal tentu bisa didorong dengan perbaikan pembangunan infrastruktur yang lebih agresif termasuk pengelolaan pangan yang baik.

“Kalau kita bisa memperbaiki daya saing dan pengelolaan pangan kita termasuk infrastruktur, itu semua reformasi struktural supaya Indonesia bisa mengejar pertumbuhan ekonomi yang sehat,” ucap dia.

sumber : http://finance.detik.com/

Tags: , , , , , , ,


About the Author



Comments are closed.

Back to Top ↑