Tips

Published on June 4th, 2015 | by riandi

0

Duit dan Kebiasaan Jelek yang Harus Dihilangkan

 

Jakarta -Duit. Kalau Anda banyak duit, kemungkinan hidup Anda enak dan nyaman. Kalau nggak punya duit, kebanyakan orang pusing tujuh keliling.

Tapi, meskipun Anda punya duit, selama Anda punya kebiasaan jelek tentang duit, bisa menyebabkan Anda justru akan kehilangan duit Anda. Biar tidak terkena masalah dengan duit, tidak ada salahnya kita belajar untuk menghilangkan kebiasaan jelek yang berhubungan dengan duit ini.

Emosi Belanja
Namanya juga sudah emosi, apalagi ditambah belanja, maka hasil akhirnya adalah tidak bisa kontrol. Sudah masuk bulan Juni 2015 dan kota Jakarta akan merayakan ulang tahunnya, sebentar lagi akan ada Jakarta Great Sale, heloooooo kontrol emosi Anda.

Berpikirlah secara rasional sebelum menghabiskan uang untuk membeli barang yang belum tentu anda butuhkan. Ingat kata kuncinya adalah kebutuhan vs keinginan.

Melihat tanda SALE pakai warna merah menyala, kemungkinan besar ’emosi keinginan’ Anda yang akan terpancing dan membuat anda boros.

Tidak Bikin Anggaran
Ketika bicara urusan duit, salah besar kalau Anda tidak pernah buat bujet bulanan. Masalahnya, kalau nggak punya anggaran, bagaimana cara kita control pengeluaran kita?

Sebuah bujet memungkinkan kita untuk melihat berapa banyak uang yang Anda hasilkan dari pekerjaan plus pekerjaan tambahan (bila ada), dan ke mana dana tersebut Anda habiskan, dan untuk apa saja. Punya anggaran bulanan sering kali akan menolong Anda untuk mengontrol pengeluaran bulanan sehingga Anda terhindar dari keborosan-keborosan yang nggak penting dan nggak perlu.

Mengandalkan Kartu Kredit
Hhhhmmm sepertinya iya ya? Banyak dari Anda yang mungkin berkata dalam hati, “ah tenang aja kan ada kartu kredit.”

Nah, apabila Anda berkata begitu berarti Anda termasuk ke dalam kategori ini. Anda hanya diperbolehkan menggunakan kartu kredit apabila Anda sudah punya dana untuk melunasi tagihannya setiap bulan.

Apabila tidak punya, lupakan alias forget it. Memakai kartu kredit dan membayar cicilan minimum setiap bulan bisa merusak seluruh perhitungan keuangan bulanan Anda.

Suka Yang Gampang
Well, semua orang pasti akan cari atau suka sama hal-hal yang gampang alias mudah. Daripada capek motong-motong buah mendingan beli yang sudah jadi dan dipotongin.

Daripada capek ngejus buah, enakan beli jus yang udah jadi. Daripada capek masak makanan sendiri, mendingan beli yang sudah jadi atau makan di luar.

Naaaah, semua kenyamanan, hal-hal yang membuat hidup kita gampang itu akan menyebabkan biaya hidup yang tinggi, karena semuanya harus Anda bayar dengan harga yang lebih mahal.

Aidil Akbar – detikfinance

sumber: finance.detik.com

Tags: , , , , , ,


About the Author



Comments are closed.

Back to Top ↑